Senin, 19 Maret 2012

Thomas Go, Direktur Marketing & Operation Apartment Serpong GreenView


2012 BISNIS PROPERTI BAKAL TERUS BERKEMBANG
Sikap optimis ini muncul dari Thomas Go, Direktur Marketing & Operation Apartment Serpong GreenView. Kendati baru delapan tahun bergelut di bisnis properti namun naluri bisnisnya tak bisa dianggap remeh. Sikapnya yang senang belajar, membuat pria ini mampu menganalisa prospek apartemen di kawasan Serpong. Target pasar kalangan muda dan eksekutif, terutama mahasiswa adalah pilihan bijaknya.
Dukungan lokasi yang terjangkau ke berbagai pusat aktivitas bisnis, serta kisaran harga sewa unit disekitar membuat proyeknya cukup diminati. Dalam tempo sebulan, ia berhasil memasarkan tak kurang dari 150 unit. Bagaiaman kiatnya dan kelebihan proyek yang dijualnya. Berikut petikannya. 


Apa alasan Anda tertarik dengan dunia properti?
Bisnis properti ini dikenal sebagai bisnis yang dinamis. Tak heran bila bisnis ini memerlukan visi, kecepatan, kejelian, dan keuletan. Sebab impact/pengaruh dari bisnis ini cukup besar bagi masyarakat. Apalagi bisnis properti merupakan lokomotif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dan ini sesuai dengan karakter saya yang memiliki visi besar, senang belajar dan ulet dalam usaha mencapai impian tersebut. 

Bagaimana pandangan Anda tentang bisnis properti ke depan?
Bisnis properti di Indonesia akan terus berkembang, terutama sektor apartemen di Jakarta dan Serpong. Begitu pula dengan mal-mal dan ritel yang ada di kota-kota besar selain Jakarta bakal terus berkembang. Perkembangan apartemen di Jabodetabek bakal meningkat seiring naiknya harga tanah di Serpong dan Jakarta. Coba perhatikan, sebelum krisis 1998, harga jual apartemen/m2 pernah mencapai US$ 4000. Saat ini harga jual apartment yang high end ternyata belum mencapai US$ 4000 sehingga masih ada peluang untuk naik ke harga tersebut.
Di samping itu situasi politik Indonesia yang stabil menyebabkan investor mau berinvestasi di Indonesia. Apalagi untuk Asean, Indonesia merupakan negara yang kehidupan politiknya sudah dewasa. Buktinya, usai reformasi, Indonesia mengalami pergantian Presiden beberapa kali, namun kondisi bisnisnya tetap bagus (bandingkan dengan Thailand dan Negara Asean lainnya). 

Bagaimana prospek apartemen di Tangerang?
Tampaknya perkembangan di sektor apartemen dan perumahan di Tangerang Selatan dan Tangerang, cukup bagus. Apalagi dengan maraknya pembangunan universitas di daerah ini yang diimbangi dengan banyaknya perusahaan asing dan lokal. Mereka memindahkan kantor pusat dan kantor cabangnya ke wilayah Tangerang Selatan dan Tangerang. Hal ini, memicu kebutuhan tempat tinggal khususnya apartemen dan perumahan yang semakin tinggi. Sebab eksekutif profesional dan mahasiswa membutuhkan kehidupan yang nyaman dengan harga terjangkau.
Apartemen berkualitas dengan harga terjangkau merupakan solusi untuk target market (profesional, eksekutif dan mahasiswa) yang menginginkan kehidupan praktis (smart living). Karena itu kamimembangun Apartment Serpong GreenView, untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi para profesional, eksekutif dan mahasiswa. 

Kapan proyek ini dimulai?
Proyek Apartment Serpong GreenView mulai dipasarkan Juni 2011. Tower pertama habis di bulan Oktober, cukup cepat hanya dalam tempo 5 bulan kita sudah habis tower pertama. November kita buka tower kedua, dan sampai sekarang Desember ini sudah terjual 25%. 

Berapa tower dan unit, yang rencananya bakal dibangun?
Kita punya 3 tower. Untuk tower pertama 298 unit, tower kedua sekitar 650 unit, tower ketiga sekitar 450 unit.
Tower pertama itu sudah sold out per 30 oktober 2011, sekarang sedang dipasarkan tower kedua dengan harga Rp136 jutaan sampai Rp300 jutaan. Kelebihan dari sistem pembayaran kita, bisa menggunakan KPA dengan suku bunga fixed 5,5%, Dpnya juga bisa dicicil 6 kali pada saatnya nanti 6 bulan kemudian, suku bunganya tetap fixed 5,5%. Konsumen bisa memilih bank BII, BNI 46 Syariah atau yang lain. Syaratnya cukup mudah, sama seperti yang lain. 

Konsepnya sendiri seperti apa?
Konsep apartemen ini adalah smart living in the house of Serpong. Artinya, penghuni dapat merasakan kehidupan yang nyaman karena dukungan berbagai fasilitas. Seperti fasilitas rekreasi, berupa kolam renang, sport club, ballroom. Kedua, kita mengusung konsep green, kita punya sky gardennya di beberapa lantai, unutk tower pertama di lantai 17 dan 18, tower yang kedua dan ketiga juga ada. Sky garden ini berfungsi untuk penghijaun dan rekreasi juga. Kemudian kita punya joging track dan wifi di area ritel, dan nantinya kita akan terintregasi dengan 40 ritel yang ternama yang akan masuk disini, seperti Solaria, Hoka-hoka Bento, dan juga ruko seperti Alfamart, dll.
Semua lengkap ada disini, terintregasi di lantai bawah. Jadi tak perlu ongkos lagi, untuk memenuhi segala kebutuhan. 

Bagaimana dengan fasilitas parkir dan luas areal apartemen ini?
Apartemen ini dilengkapi dengan basement parkir yang mampu menampung sekitar 200 mobil, belum yang diluar. Total bisa mencapai300 mobil lebih, untuk motor bisa mencapai 700 motor lebih. Selain itu, kita juga mempersiapkan shutle bus, untuk membawa mahasiswa ke universitas Prasetya Mulya, Swis German, dan Atmajaya. Luas areal yang kami sediakan sekitar 1,2 ha dengan luas bangunan 55000 m2, menjulang 18 lantai. 

Berapa range harga sewa apartemen ini?
Harga sewa setelah serah terima kita perkirakan Rp2juta – Rp3 juta, tergantung tipe. Jadi setahun mereka bisa mendapatkan keuntungan 10%-20% dari harga sewa. Gain pastinya sekitar 10 % pertahun. 

Apa lagi kelebihan apartemen ini?
Kelebihan kita, karena lokasinya dekat dengan pintu tol BSD-Pondok Indah. Jaraknya hanya 1,6 km. Selain itu hanya 3 km ke arah Bintaro sektor 9. Dengan berbagai kelebihan ini ongkos transportasi jadi cukup terjangkau. Mau ke mal terdekat cukup 5 menit sampai. Begitu pula bila ingin ke berbagai perguruan tinggi di sekitar. Semua mudah dijangkau. Edisi 78